HOME » REVIEW » 6 RAHASIA BIKIN MITSUBISHI MIRAGE MAKIN IRIT

6 Rahasia Bikin Mitsubishi Mirage Makin Irit

Senin, 24 November 2014 18:15

6 Rahasia Bikin Mitsubishi Mirage Makin Irit
Mitsubishi Mirage (foto: Tatan)
Editor : Ahmad Khoirudin Mobil Terkait : Mobil Mitsubishi Mirage Dijual

Otosia.com - Mitsubishi Mirage dikenal sebagai city car dengan konsep "New Compact Smart City Car". Dengan performa yang dihasilkan dari mesin berteknologi MIVEC 3 silinder dengan kapasitas 1.193cc, serta didukung transmisi CVT membuat Mirage mampu mengonsumsi bahan bakar lebih efisien. Ini telah dibuktikan oleh pereli, jurnalis dan konsumen sejak Mirage diluncurkan pada 2012 lalu.

Pembuktian demi pembuktian secara akurat telah dilaksanakan semenjak kendaraan ini diperkenalkan, antara lain dengan pengujian oleh Hiroshi Masuoka, Legenda Rally Dakkar di Bali akhir 2012 lalu, dengan membukukan angka fantastis iritnya Mitsubishi Mirage dengan 24,20Km/liter yang disahkan oleh Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

Pengujian pun berlanjut lewat acara Mirage Eco Fun Drive I di tahun 2013. Dimana, melalui perhitungan MID, pereli Rifat Sungkar berhasil membukukan 27,4Km/liter dalam perjalanan berkeliling Jakarta.

Untuk mendapatkan konsumsi bahan bakar yang lebih irit saat mengendarai Mirage, ada 6 hal yang wajib diperhatikan oleh pengendara. "Mitsubishi Mirage adalah city car yang irit bahan bakar. Tapi, kita bisa mendapatkan konsumsi BBM yang lebih irit lagi dengan enam rahasia ini," ungkap Rifat kepada para peserta Mirage Eco Fun Drive 2 di Jakarta, (23/11) kemarin.

Menurut Rifat, dalam berkendara ala “Eco Driving” ada beberapa faktor yang harus diperhatikan seperti:

1. Selalu jaga kestabilan emosi dalam berkendara.

2. Jaga putaran mesin di kondisi RPM ideal yaitu antara 1500 – 2000

3. menekan pedal gas disaat yang tepat, yaitu pada saat tanjakan serta melepasnya di kondisi turunan

4. Setiap akan melakukan start / pada waktu akan menjalankan kendaraan, putaran mesin harus naik dengan 

perlahan

5. Posisikan temperatur AC pada suhu yang tepat. Penempatan pada kondisi temperatur AC terbawah / overcool 

justru akan menambah kerja mesin.

6. Posisikan sistem sirkulasi udara pada sistem masuk dan keluar. Walaupun bau dari luar kendaraan dapat masuk, namun angin dari depan dapat menghambat laju karena tidak tersalur.

Rahasia yang diungkap Rifat pun dipraktekkan oleh Budi Heryanto dengan Mirage transmisi otomatis berhasil mencetak angka 21,83Km/liter pada Mirage Eco Fun Drive jilid 2. "Saya selalu mempertahankan RPM antara 1.500-2.000, dan menggunakan AC dengan temperatur 25-30 derajat," sebut Budi.

(kpl/tr/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER