HOME » REVIEW » INILAH COUPE UTILITY CIKAL BAKAL FORD RANGER

Inilah Coupe Utility Cikal Bakal Ford Ranger

Jum'at, 21 Maret 2014 11:15

Inilah Coupe Utility Cikal Bakal Ford Ranger
Ford Ute 1934
Editor : Sony

Otosia.com - Ford Ute yang direkayasa dan dikembangkan oleh seorang desainer muda,  Lewis Bandt, merupakan cikal bakal dari F-Series dan Ford Ranger yang kini menjadi salah satu produk unggulan Ford Global.

Bandt mengembangkan Ford utility sebagai sebuah coupe (dua penumpang, berpanel baja, mobil berjendela kaca) dengan panel baja terpadu pada bak pengangkut muatan di bagian belakang mobil.

Apa yang dilakukan Bandt adalah memadukan bagian 'pickup' ke dalam bodi coupe, yang menyediakan profil lebih bersih serta meningkatkan area muat di belakang kabin.

Bandt menyelesaikan desain originalnya pada Oktober 1933, dan dengan cepat menghasilkan dua purwarupa untuk pengujian. Pada 23 Januari 1934, ia menyelesaikan gambar finalnya.

Dari desain coupe utility yang dibuat Bandt, lahirlah new Ford Ute. Ketika Ute pertama selesai di produksi pada tahun 1934, dua diantaranya dikirim ke Kanada. Mobil ini pun menarik perhatian Henry Ford.

Gambar  blueprint original 1934 coupe utility berskala penuh milik Bandt sekarang disimpan di Australia. Versi rebuilt dari coupe-utility Bandt juga – secara pantas – ditempatkan di museum pedesaan kota Chewton, Victoria, dekat Melbourne.

Pada masa itu, coupe-utility Ford menggunakan mesin V8 dan perseneling tiga-percepatan manual sedangkan suspensinya adalah transverse leaf springs dengan peredam kejut  di bagian depan dan heavy duty semi-elliptic rear springs dan peredam kejut di bagian belakang.

Bagian kabin sama dengan Model 40 Ford coupe lima jendela, empat pintu. Tapi, sebagai ganti dari kompartemen bagasi di belakang, Bandt menambahkan bagian utility berbingkai kayu dengan panel luar baja yang dilas ke bodi coupe untuk membentuk kendaraan dengan bagian samping yang halus.

Coupe Utility dari Lewis Bandt merupakan yang pertama untuk Ford Australia dan kecerdasannya memberikan dampak yang besar pada industri otomotif Australia yang berkembang saat itu.

Desain original Ford Ute milik Bandt membuka jalan bagi sesuatu yang telah berubah menjadi salah satu kendaraan dengan penjualan terbesar di dunia, Pick-up atau Utility. Hal ini juga melahirkan Falcon Ute yang telah menjadi kendaraan favorit  konsumen sejak Falcon XK Ute pertama diluncurkan pada tahun 1961.

 (kpl/tr/sno)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER