Sukses

Selisih Rp 12 Juta, Pilih Toyota Innova Zenix G Hybrid atau Wuling Almaz Hybrid?

Otosia.com, Jakarta PT Toyota Astra Motor (TAM) baru saja memperkenalkan Toyota Kijang Innova Zenix terbaru. Mobil keluarga ini menjadi generasi ke-7 dari produk Kijang di Indonesia, sekaligus menjadi model paling berbeda.

Toyota Kijang Innova Zenix mendapatkan beragam perubahan. Mobil ini mengandalkan platform baru dengan penggerak roda depan (FWD). Selain itu platform baru ini juga menawarkan varian hybrid yang lebih ramah lingkungan.

Yang menarik sebelum Kijang Innova Zenix debut, Wuling lebih dulu menghadirkan Almaz hybrid. Lantaran keduanya mempunyai kapasitas hingga 7 penumpang dan mengandalkan jenis mesin hybrid, mobil mana yang lebih unggul?

Video Terpopuler saat Ini

Eksterior

Secara tampilan kedua mobil ini mengusung gaya mobil SUV. Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid lebih mengarah ke “MPV bergaya SUV”, mengingat Toyota Kijang Innova sejak awal dirancang sebagai mobil keluarga.

Sementara Wuling Almaz Hybrid bisa dikatakan sebagai “SUV keluarga”. Mobil ini mempunyai bodi bongsor, namun dibuat lebih praktis karena bisa diisi hingga 7 penumpang.

Secara tampilan, baik Wuling Almaz maupun Toyota Kijang Innova G Hybrid sama-sama tidak kalah menarik. Wuling Almaz mengandalkan tampilan sporti, namun dibuat lebih eksklusif dengan tambahan berbagai aksen berwarna biru.

Sementara Toyota Kijang Innova Zenix mengusung gaya tampilan serba fresh, mengingat mobil ini baru saja debut secara global. Meski demikian, varian hybrid tidak mendapatkan perbedaan signifikan dibanding Innova bensin standar.

Interior

Bagian interior kedua mobil hybrid ini sama-sama memberi kesan premium. Toyota Kijang Innova terbaru disematkan interior yang lebih up to date dibanding model sebelumnya, dengan head unit yang floating, konsol tengah tinggi dan speedometer digital.

Di sisi lain Wuling Almaz Hybrid memboyong interior yang sama seperti Almaz tipe lain, namun dengan perubahan pada tuas transmisi, warna interior dan speedometer full TFT digital.

Dari segi fitur, Wuling Almaz Hybrid lebih lengkap. SUV asal Tiongkok ini mendapatkan panoramic sunroof, kursi depan elektrik, jok kulit, wireless charger dan beragam panel soft touch.

Sebaliknya interior Innova Zenix G Hybrid lebih sederhana, di mana kursi masih berbahan kain, belum dilengkapi panel-panel soft touch, belum mempunyai armrest di kursi belakang, belum ada sunroof dan tidak memiliki cruise control.

Keselamatan

Sama seperti interiornya, paket keselamatan Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid juga tergolong cukup sederhana.

Sebagai contoh, model ini hanya dilengkapi dual airbags di dasbor, sensor parkir, Vehicle Stability Control, Hill Start Assist, rem belakang cakram, kursi ISOFIX, immobilizer dan kamera belakang.

Wuling Almaz Hybrid sudah mempunyai fitur yang sama dari Innova Zenix G Hybrid, namun ditambah kamera 360, airbags menjadi 6 buah, serta peranti keselamatan canggih Advanced Driver Assistance System (ADAS).

Artinya SUV ini sudah dilenkgapi fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Keep Assist, Blind Spot Monitoring, Rear Cross Traffic Alert, Collision Mitigation Braking System dan lainnya.

Performa

Toyota Kijang Innova Zenix G Hybrid dibenamkan mesin hybrid berkode M20A-FXS. Mesin ini dapat menyemburkan tenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm. Sedangkan motor listrik bawaannya mempunyai tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.

Sedangkan Almaz versi hybrid mengusung mesin 2.000cc Atkinson cycle yang menghasilkan tenaga 123 hp dan torsi 168 Nm. Mesin tersebut bersanding dengan motor listrik yang menyemburkan tenaga 174 hp dan torsi 320 Nm.

Kedua mobil ini berpenggerak roda depan (FWD) dan mempunyai transmisi khusus, yakni e-CVT untuk Innova Zenix dan Dedicated Hybrid Transmission (DHT) untuk Almaz Hybrid.

Soal harga, Toyota Kijang Innova Zenix dibanderol Rp 458 juta. Sementara Wuling Alamz Hybrid dijual Rp 470 juta.

Loading