Sukses

Mengenal Keistimewaan Mobil Mazda RX-7, dari Drifting hingga Mobil Ikonik Film

Otosia.com, Jakarta Mobil sports tahun 1990-2000an dikenang oleh banyak pecinta otomotif secara global. Era ini terbilang sempurna bagi banyak orang, lantaran menjembatani antara status mobil klasik dan modern.

Salah satu deretan mobil sports paling menonjol pada kala itu datang dari Jepang. Sebut saja pemain utama mobil Japanese Domestic Market (JDM) legendaris seperti Toyota Supra, Nissan Skyline GT-R, Honda NSX dan Mazda RX-7.

Mobil yang terakhir menjadi salah sportscar ikonik andalan Mazda. Mengutip hotcars.com, Jumat (25/11/2022), RX-7 kental dengan suara mesin khas, beragam modifikasi, mobil film ikonik, hingga balapan.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

 

 

 

 

1.   Mesin Rotary Khas

Mazda RX-7 terbilang spesial di antara sports car pada umumnya. Mobil ini mengandalkan mesin rotary dengan cara kerja yang unik.

Pada dasarnya mesin ini tidak menggunakan piston yang naik-turun untuk melakukan pembakaran. Kinerja mesin ini menggunakan “piston” berbentuk segitiga membulat yang berputar dalam bentuk melingkar. Mesin ini juga disebut sebagai mesin “wankel”.

Proses pembakaran terjadi secara konstan selama “piston segitiga” ini berputar. Alhasil, suara mesin sangat unik, berbeda dengan mesin segaris, V6, V8 atau mesin dengan piston lainnya.

2.   Modifikasi

Mazda RX-7 juga menjadi pilihan yang digemari para penggemar modifikasi. Mencari bodykit untuk mobil ini cukup mudah, lantaran banyak merek resmi yang menjualnya. Beberapa bodykit yang terkenal termasuk RE Amemiya, Rocket Bunny dan Veilside.

Konfigurasi mesin depan dan penggerak roda belakang membuat RX-7 fleksibel untuk menerima beragam swap engine, terutama Mazda RX-7 FD tahun 1992-2002. Mesin yang sering digunakan sebagai engine swap adalah LS V8 dari General Motors atau 2JZ enam silinder segaris buatan Toyota.

Sementara bagi para penggemar mesin wankel, banyak pemilik yang juga menambahkan jumlah rotor (mesin) karena ukurannya yang kecil. Beberapa modifikator bahkan meningkatkan jumlah rotor hingga 6 atau 8 buah.

3.   Mobil film ikonik

Kemudian Mazda RX-7 juga bisa dibilang sebagai mobil film ikonik. Mungkin tidak se-ikonik De Lorean DMC-12 “Back To The Future” atau Mobil Batman, namun tetap populer di kalangan penggemar roda empat.

Salah satu versi paling ikonik adalah Mazda RX-7 dari film The Fast and The Furious: Tokyo Drift. Film street racing yang debut pada tahun 2006 ini menggunakan Mazda RX-7 unik untuk salah satu pemain utamanya.

Lebih tepatnya adalah Mazda RX-7 berkelir oranye dan hitam dengan bodykit Veilside Fortune, dikendarai oleh Han Lue yang diperankan oleh aktor Sung Kang.

4.   Balapan Drifting

Terakhir adalah popularitas mobil ini sebagai drift machine. Sports car dengan mesin depan dan penggerak roda belakang menjadikan mobil ini salah satu pilihan favorit para penggemar drifting.

Sementara jarak antar sumbu roda yang pendek membuat Mazda RX-7 lincah saat menikung dan stabil saat drifting dalam kecepatan tinggi. Dengan demikian mengubah mobil ini mejadi mobil drifting bisa dikatakan lebih mudah dibanding mobil lainnya.

Beberapa contoh pembalap drifting yang sempat menggunakan Mazda RX-7 termasuk James Deanne dari Irlandia, Matsui dari Jepang dan Michael Whiddett “Mad Mike” asal Selandia Baru.

Loading