Sukses

Beda Rp 20 Jutaan, Pilih Innova Zenix Hybrid atau Toyota Voxy?

Otosia.com, Jakarta Belum lama ini PT Toyota Astra Motor (TAM) memperkenalkan model terbaru Toyota Kijang Innova. Mobil keluarga ini diberi nama “Zenix” dan bisa dibilang sebagai Kijang dengan perubahan paling signifikan.

Toyota Kijang Innova Zenix mengandalkan sasis baru berbasis Toyota New Global Architecture (TNGA). Dengan demikian mobil ini menjadi penggerak roda depan (FWD) dan tersedia dengan mesin hybrid.

Yang menarik, sasis tersebut ternyata juga digunakan pada Toyota Voxy terbaru. Bahkan selisih harga di antara Toyota Innova Zenix Hybrid dengan Toyota Voxy hanya sekitar Rp 20 jutaan.

Video Terpopuler dan Paling Dicari saat Ini

Eksterior

Tampilan luar kedua mobil ini mengusung konsep desain yang berbeda. Toyota Kijang Innova Zenix mengandalkan bentuk MPV tradisional dengan campuran bentuk dari mobil SUV. Alhasil Innova Zenix cenderung terlihat lebih tangguh.

Sebaliknya Toyota Voxy mempunyai desain unik serba mengotak, sesuai dengan target pasarnya di Jepang. Generasi terbaru Voxy mempunyai tampilan depan lebih agresif dengan sisi samping hingga belakang terlihat lebih mewah.

Secara fitur, kedua mobil ini cukup sebanding. Innova Zenix dan Voxy sama-sama mendapatkan lampu-lampu LED, keyless entry dan antenna shark fin. Yang berbeda terletak pada pintu samping Voxy model geser dan Innova Zenix mendapatkan panoramic sunroof.

Interior

Sama seperti styling luar, interior Innova Zenix dan Toyota Voxy juga memiliki beberapa perbedaan.

Selain desain dasbor dan penataan dalam, beberapa perbedaan lainnya terlihat pada deretan fitur yang ditawarkan. Sebagai contoh, Innova Zenix sudah mendapatkan jok berbalut kulit, ambient lighting dan kursi baris kedua captain seat dengan ottoman dan Rear Seat Entertainment (RSE) individu.

Sedangkan Toyota Voxy masih menggunakan jok berbahan kain, kursi captain seat baris kedua tidak mempunyai ottoman, tersedia kerai privasi manual untuk baris kedua, AC triple zone dan RSE di atap.

Yang menarik, kedua MPV Toyota ini juga ditemukan beberapa kesamaan fitur, mengingat Innova Zenix dan Voxy menggunakan basis platform yang sama. Paling mencolok adalah desain speedometer digitalnya, konsol tengah, setir, panel AC, tuas transmisi dan sama-sama sudah dilengkapi pintu bagasi otomatis.

Keselamatan

Toyota Kijang Innova Zenix Hybrid dan Toyota Voxy sama-sama sudah disematkan peranti keselamatan aktif Toyota Safety Sense (TSS) 3.0 terbaru. Artinya kedua mobil ini sudah mempunyai fitur seperti Lane Keep Assist dan Adaptive Cruise Control.

Sedangkan fitur keselamatan lainnya, termasuk 6 buah airbags, Vehicle Stability Control, ABS, EBD, serta Hill Start Assist, sudah standar di kedua mobil keluarga ini.

Performa

Innova Zenix Hybrid dibenamkan mesin baru yang lebih ramah lingkungan. Lebih tepatnya detak mekanis 2.000cc hybrid berkode M20A-FXS yang menyemburkan tenaga 152 PS dengan torsi 187 Nm. Sedangkan motor listrik bawaannya mempunyai tenaga sebesar 113 PS dan torsi 206 Nm.

Sementara Toyota Voxy pada dasarnya menggunakan mesin yang sama dengan Innova Zenix non-Hybrid. Artinya mobil ini mengusung mesin bensin M20A-FKS yang menghasilkan output sebesar 174 PS dan torsi puncak mencapai 205 Nm. Kedua MPV ini berpenggerak roda depan (FWD) dengan transmisi CVT.

Soal harga, Toyota Kijang Innova Zenix Q Hybrid dijual Rp 601.150.000. Sementara Toyota Voxy dibanderol Rp 579.500.000 atau Rp 582.500.000 untuk varian warna premium.

Loading