HOME » TIPS » BEGINI CARANYA SUPAYA REM MOBIL TIDAK 'BERDECIT'

Begini Caranya Supaya Rem Mobil Tidak 'Berdecit'

Selasa, 20 Juni 2017 15:30

Begini Caranya Supaya Rem Mobil Tidak 'Berdecit'
Rotor (foto: Your Mechanic)
Editor : Fajar Ardiansyah

Otosia.com - Bagi beberapa orang mungkin mendengarkan suara rem yang berisik, terasa biasa saja. Tapi bagi beberapa pemilik mobil yang lain, rem mobil yang berisik, baik berdecit maupun mengeluarkan suara melengking seperti anak babi hal tersebut akan sangat mengganggu.

Bisa saja Otolovers langsung melakukan hal yang menuju sasaran, seperti dengan cara mengganti kanvas rem dengan yang baru. Sayangnya, rem berdecit atau berbunyi tak sesederhana langsung mengganti kanvas rem dengan yang baru begitu saja.

Akun youtube Chris Fix akan memperlihatkan bagaimana cara menghilangkan suara yang berisik dari kanvas rem. Karena yang lebih penting daripada mengganti kanvas rem adalah mencari sebab mengapa rem bisa berisik dan berbunyi tidak normal, bisa jadi salah satu dari rotor maupun kanvas yang aus, atau mungkin hanya kotor.

Yang perlu diketahui terlebih dahulu adalah bahwa suara rem muncul karena gesekan antara rotor dan kaliper. Jika terjadi suara yang kurang renyah, nyaris bisa dipastikan bahwa ada permukaan antara kaliper rem dan rotor yang bergesekan secara tidak seimbang.

Pada akun Chris Fix dipertunjukkan bahwa penghilangan suara mengganggu bisa muncul karena rotor atau kanvas yang kotor, maupun memang karena rotor atau kanvas rem sudah aus. Simak detailnya, Otolovers!

(kpl/fjr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER