HOME » TIPS » BERIKUT HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN DAN DILARANG SAAT DI DALAM TEROWONGAN

Berikut Hal-hal Yang Harus Dilakukan dan Dilarang Saat di Dalam Terowongan

Selasa, 09 Mei 2017 23:58

Berikut Hal-hal Yang Harus Dilakukan dan Dilarang Saat di Dalam Terowongan
Image by theaa
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Sudah banyak terowongan telah dibangun di dunia, termasuk di Indonesia. Sejak zaman dahulu, terowongan memang sudah menjadi salah satu fasilitas jalan yang sangat ampuh untuk melalui tempat yang sulit dilalui jalan raya. Namun demikian, banyak juga kecelakaan yang terjadi di terowongan akibat kelalaian penggunanya.

Dari informasi yang dirilis oleh theaa.com, berikut adalh tips-tips yang harus Anda ketahui saat melewati terowongan. Saat memasukinya, pastikan Anda tidak menggunakan kacamata hitam, karena terowongan akan terlihat sangat gelap saat Anda menggunakannya.

Jangan lupa juga nyalakan lampu depan kendaraan, meskipun terowongan sudah dilengkapi dengan lampu-lampu jalan. Lalu, jaga jarak kendaraan Anda dengan kendaraan lainnya untuk menghindari tabrakan yang tidak diharapkan. Jika jalanan sangat macet saat di dalam terowongan, nyalakan lampu bahaya pada kendaraan Anda untuk memberi tahu kendaraan yang berada dibelakang.

Pastikan Anda menyisakan jarak sekitar 5 meter untuk memberikan ruang cukup kendaraan. Ketika Anda tidak berjalan sama sekali, matikan mesin Anda untuk menguangi kebisingan serta polusi udara yang ada di dalam terowongan. Jika kendaraan Anda mengalami kerusakan dan perlu segera berhenti, menepilah ke bahu jalan terowongan dan nyalakan lampu bahaya. 

Apabila ada kebakaran akibat sebuah kecelakaan di dalam terowongan atau sebuah tabrakan besar, jangan panik. Segera nyalakan lampu tanda bahaya di depan TKP dan amankan korban melalui pintu darurat yang sudah disediakan. Jika api masih kecil, segera padamkan, apabila api membesar, tunggu bantuan dari petugas pemadam kebakaran.

Berikut tadi adalah tips-tips yang  bermanfaat bagi Anda saat ingin melalui terowongan di Indonesia. Semoga dengan tips ini, kejadian yang tidak diinginkan tidak terjadi, terutama di dalam terowongan.(kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-15
detail

BERITA POPULER