HOME » TIPS » BERIKUT RISIKO-RISIKO MEMILIKI MOBIL OTONOM

Berikut Risiko-risiko Memiliki Mobil Otonom

Jum'at, 30 Juni 2017 14:15

Berikut Risiko-risiko Memiliki Mobil Otonom
Image by mirror.co.uk
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com -

Pada era modern ini, banyak sekali teknologi-teknologi yang lebih maju dan dapat mengubah sudut pandang dunia, salah satunya adalah teknologi pada kendaraan. Satu teknologi yang sering dibincangkan kali ini adalah mobil otonom, mengingat beberapa manufaktur kendaraan seperti Tesla, BMW, dan lainnya telah membuat teknologi kendaraan otonom.

Teknologi tersebut dijamin dapat mempermudah pekerjaan serta mengurangi beban sang pengemudi. Akan tetapi, dibalik kemudahannya itu, ada beberapa risiko-risiko yang perlu diperhatikan. Businessinsider.com mencatat ada 3 hal resiko saat membeli mobil otonom.

Point utama adalah harganya. Harga kendaraan dengan teknologi canggih ini sudah jelas akan sangat mahal. Hal itu disebabkan karena teknologinya yang hampir setara dengan teknologi militer masa kini. Selain itu, teknologinya juga hampir sama dengan mobil otonom khas google yang biasa digunakan untuk menggambar peta di google map.

Yang kedua adalah lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar mobil berotonom tidak baik (Jalanan rusak, sempit, dan cukup rumit), maka akan sangat sulit bagi teknologi ini untuk beradaptasi dengan lingkungan tersebut. Bahkan, jika terlalu lalai, kendaraan juga bisa menabrak objek yang ada di depannya, meskipun sudah terdeteksi oleh sensornya.

Mengingat beberapa jalanan di Indonesia kondisinya juga cukup 'memprihatinkan', bisa saja mengakibatkan teknologi ini salah membaca kondisi lingkungan sekitar dan melalui jalur yang ekstrem bahkan hingga menabrak sesuatu. Maka dari itu, perhatian dari sang sopir masih diperlukan.

Dan yang terakhir adalah dampak pada kehidupan sehari-hari. Nah, jika saja teknologi seperti ini suatu hari nanti sudah mendunia, tentunya kendaraan-kendaraan dengan kemudi manual perlahan akan punah. Tidak hanya itu saja, dunia bisa saja menjadi penuh dengan mobil-mobil modern bersopir otonom, seperti yang digambarkan di bawah.

Itulah risiko-risiko yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli kendaraan berotonom. Alangkah baiknya jika kendaraan menggunakan teknologi kemudi manual, karena masih banyak orang di luar sana yang menggemari mobil dengan teknologi tersebut.

(kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER