HOME » TIPS » INI LHO BAGIAN MOTOR WAJIB CEK SEBELUM TOURING, APA SAJA?
ADVERTORIAL

Ini Lho Bagian Motor Wajib Cek Sebelum Touring, Apa Saja?

Kamis, 10 Agustus 2017 00:01

Ini Lho Bagian Motor Wajib Cek Sebelum Touring, Apa Saja?
(c) Shutterstock
Editor : wuri

Otosia.com - Berniat touring menuju suatu tempat? Tak ada salahnya. Touring  memang lebih menyenangkan, di samping membuat liburan lebih berkesan. Bagaimana tidak, selain bisa mengirit biaya perjalanan, juga bisa menjelajahi lokasi-lokasi yang sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat. Benar, touring di sini memang lebih tepatnya menggunakan motor.

Meski begitu, ada hal-hal lain yang tak boleh dilupakan jika memang sungguhan ingin berjelajah berkilo-kilo meter jauhnya dengan motor. Sebab, ada beberapa bagian motor yang memang perlu dicek sebelum digunakan untuk perjalanan panjang.

Ban

Sebagai salah satu komponen utama, tekanan angina dalam ban pada motor wajib diperhatikan. Jangan sampai terlalu kempis, karena bisa membuat motor jadi berat, juga lebih boros bahan bakar. Selain itu, periksa kondisi ban dalam maupun luar. Jika sudah tipis, segera ganti baru, karena hanya akan membahayakan biker saat touring.

Kondisi Mesin

Bagian cukup komplek. Mulai dari komstir yang wajib dicek, khususnya bearingnya, agar pegangannya tetap nyaman. Kemudian, klep pastikan dicek dengan feeler gauge agar tetap sesuia standar pabrik. Klep yang terlalu rapat dapat membuat mesin cepat panas, dan akselerasi lambat. Sementara kalau terlalu renggang bisa menimbulkan bunyi pada mesin. Jangan lupakan mengecek bearing dan kelaher, agar motor tetap stabil saat touring melewati segala medan.

Periksa pula busi. Idealnya busi diganti setiap 3 kali servis, atau usai menempuh jarak sekitar 7500 kilometer. Kemudian, untuk penerangan juga pastikan baik, baik headlamp, stoplamp dan lampu sein. Termasuk juga klakson. Selain itu, filter udara juga perlu dibersihkan, khusunya yang kering. Begitu juga dengan kampas rem, minyak rem dan kalipernya. Pastikan tidak aus. Bagian lainnya dari mesin yang perlu dicek adalah kabel gas dan kopling. Periksa kebersihannya agar tak seret saat digunakan.

Bahan Bakar

Sebelum mempertimbangkan stok bahan bakar yang diperlukan selama touring, periksa pula karburator atau injektor motor. Pastikan kebersihannya, agar bahan bakar bisa masuk ke sistem pembakaran lebih sempurna. Selain, pastikan juga agar tidak bocor dan berfungsi normal. Jika kondisinya sudah baik, tinggal bawa beberapa jeriken untuk bahan bakar, karena nanti di beberapa daerah SPBU cukup berjauhan.

Radiator

Gampangnya disebut aki, peranti vital yang tegangannya harus tetap disesuaikan dengan standar pabrik. Pada kondisi normal tengan radiator harusny berkisar 12,3 sampai 12,6 Volt. Pastikan kondisinya agar touring tidak terganggu.

Rantai dan Gir

Selain ban, rantai juga perlu dicek kondisinya. Jika pasca disetel masih kendur, artinya motor perlu ganti rantai baru. Begitu juga dengan gir. Jika sudah lancip, tandanya sudah aus, gantilah yang baru.

Pelumas

Di samping bahan bakar, pelumas atau oli menjadi komponen penting yang tak boleh dikesampingkan. Sesuai anjuran pabrik, oli mesin perlu diganti secara berkala, terutama jika akan digunakan perjalanan panjang. Tujuannya untuk menjaga kinerja mesin tetap optimal dan tahan lama. Salah satu produk pelumas terbaik yang dapat dipilih oleh biker saat touring adalah Castrol POWER1.

Kebetulan sekali sedang ada Castrol Legendary Bikers 2017 #RouteToFreedom. Sambil melakukan touring, cobalah mengikuti kuis ini. Tinggal submit foto di Instagram atau Facebook dan ceritakan bagaimana touring bisa membebaskan diri serta hal positif apa saja yang pernah dikerjakan waktu touring. Baca syarat selengkapnya dulu, yuk!

Mekanisme Kuis:

  1. Peserta wajib like Fanpage Castrol Bikers Indonesia atau Follow Instagram @Castrolbikersid
  2. Periode pendaftaran kuis ini berlangsung mulai 15 Juli – 14 Agustus 2017. 
  3. Upload fotomu ketika touring bersama motor atau komunitas di Facebook comment atau Instagram.
  4. Ceritakan bagaimana touring bisa membuatmu merasa bebas atau ceritakan rute touring yang membawamu pada kebebasan.
  5. Ceritakan aktivitas positif yang pernah kamu lakukan untuk orang lain.
  6. Sertakan hashtag #CastrolPOWER1, #LegendaryBikers2017, #KLNCastrol dan #RouteToFreedom dalam kolom caption.
  7. Tag & mention @CastrolBikersID jika kamu upload di Instagram.
  8. Info lebih lengkap tentang kompetisi ini bisa langsung diakses dengan klik di sini.

Hadiah:

  1. 1 (satu) Pemenang Utama Castrol Legendary Bikers 2017 #RouteToFreedom akan mendapatkan biaya Touring ke rute favorit, FREEDOM TOUR bersama pemenang kedua & ketiga, serta Nonton MotoGP Sepang di Malaysia.
  2. Pemenang ke-2 dan ke-3 akan mendapatkan Touring Gratis dalam rangka FREEDOM TOUR ke rute touring yang sudah ditentukan oleh tim Castrol.
  3. Akan ada 3 pemenang #RouteToFreedomTrivia tiap kuis berlangsung selama campaign berjalan yang akan mendapatkan hadiah dari Castrol.

Berbagai pengalaman berharga yang diperoleh selama touring sebaiknya nggak disimpan sendiri. Saatnya bagikan kepada orang lain, siapa tahu menjadi inspirasi buat mereka. Sudah siap mengukirkan namamu menjadi bagian dari Legendary Biker Indonesia? Segera ikutan kuisnya di sini sebelum periodenya berakhir!(adv/wr)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami


2017-8-10
detail

BERITA POPULER