HOME » TIPS » INILAH ALASAN MENGAPA ANDA TIDAK BOLEH MEMBELI BAN MURAHAN

Inilah Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Membeli Ban Murahan

Rabu, 03 Mei 2017 22:30

Inilah Alasan Mengapa Anda Tidak Boleh Membeli Ban Murahan
Images by: google.com
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Ban merupakan salah satu komponen yang sangat penting pada mobil. Tanpanya, mobil tidak akan berjalan dengan mulus. Sudah banyak produsen-produsen ban di dunia, mulai dengan yang kisaran harganya murah hingga yang sangat mahal.

Selain berfungsi sebagai kaki-kaki, ban bisa juga menambah atau bahkan mengurangi peforma mobil Anda. Seperti yang dikutip dari musclecarszone.com, perbedaan harga ternyata berpengaruh dengan kualitas mobil. Semakin murah ban mobil, kualitas ban sangatlah rendah, sedangkan semakin mahal, maka semakin bagus juga kualitasnya. Tentu, harga berbanding lurus dengan kualitas.

Salah satu contoh kasus, seorang pria akan mengganti ban Honda S2000 miliknya dengan ban yang baru. Alasannya adalah karena ban yang digunakan adalah ban dari manufaktur mobil yang biasanya di pasaran dan dibanderol dengan harga yang murah.

Dia mulai melakukan tes pengereman dengan kedua ban, yaitu Fuzion HRI/VRI ban bawaan mobil dan Bridgestone RE-71 R dari produsen ban ternama. Keduanya dites dan hasilnya pun sangat mengejutkan.

Dalam kecepatan tinggi, mobil dengan ban Bridgestone yang dibanderol agak mahal itu mampu berhenti dalam waktu 2,84 detik. Jika dibandingkan dengan Fuzion, mobil tersebut dapat berhenti dengan waktu yang lebih lama. Hingga putaran kedua dan ketiga, Bridgestone pun mampu menghentikan kendaraan dengan waktu singkat.

Perbedaan yang jauh bisa terlihat saat melakukan pengereman dengan kedua ban tersebut. Saat menggunakan Fuzion, waktu yang diperlukan untuk berhenti terhitung lebih lama. Sedangkan, Bridgestone mampu merendahkan kecepatan mobil, meskipun digunakan berkali-kali.

Jadi, bisa ditarik kesimpulan bahwa ban dengan harga yang lebih murah belum tentu memiliki kualitas bagus, dan jika materialnya kurang baik, maka akan menurunkan peforma mobil sehingga berisiko terhadap keamanan Anda, terutama saat dalam keadaan genting, 

(kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-6-6
detail

BERITA POPULER