HOME » TIPS » INILAH DAMPAK BURUK MUATAN BERLEBIHAN SAAT PERJALANAN JAUH

Inilah Dampak Buruk Muatan Berlebihan Saat Perjalanan Jauh

Rabu, 28 Desember 2016 21:30

Inilah Dampak Buruk Muatan Berlebihan Saat Perjalanan Jauh
Micksgarage
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Berlibur bersama keluarga menggunakan kendaraan roda empat ada baiknya membawa muatan yang sesuai. Hal ini penting karena risiko insiden yang tak diinginkan dapat saja terjadi akibat muatan berlebihan.

Mengapa begitu? Mobil yang dipenuhi muatan berlebih akan semakin sulit dikendalikan. Beberapa kendala yang dapat terjadi seperti kemudi lebih berat dari biasanya. Akibatnya kontrol kendaraan akan menjadi lebih lambat. Belum lagi ditambah mobil semakin sulit untuk berakselerasi, sehingga menyulitkan untuk menyalip.

Dari sisi pengereman, mobil yang kelebihan muatan akan membutuhkan jarak lebih jauh untuk berhenti total. Tentunya kerja rem akan lebih berat. Bayangkan jika komponen rem tidak sedang dalam kondisi terbaiknya. Risiko kecelakaan tentu saja akan terjadi lebih tinggi.

Hal lainnya yakni risiko ban pecah. Ban yang terletak di bagian bawah akan menopang seluruh beban. Apabila kondisi ini terus berlangsung, ban harus bekerja ekstra menyebabkan kenaikan suhu yang signifikan dan tak wajar.

Terakhir adalah komponen suspensi. Jangan biarkan muatan berlebih menyiksa suspensi. Apabila mobil mengenai lubang, suspensi akan menjadi sulit memantul akibat beban berlebih, sehingga kenyamanan berkendara berkurang. Yang paling parah, suspensi dapat patah karena hal tersebut.

(kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-4-21
detail

BERITA POPULER