HOME » TIPS » KETAHUI KAPAN KAMPAS REM HARUS DIGANTI

Ketahui Kapan Kampas Rem Harus Diganti

Jum'at, 06 Januari 2017 10:15

Ketahui Kapan Kampas Rem Harus Diganti
Foto: automoblog.net
Editor : Ahmad Khoirudin

Otosia.com - Jangan sepelekan kampas rem pada kendaraan Anda. Komponen ini sangatlah vital disebuah kendaraan karena merupakan bagian dari sistem pengereman, dimana kampas akan menjepit piringan cakram atau tromol untuk memperlambat putaran ban.

Seiring waktu kampas rem akan habis terkikis, sehingga memerlukan penggantian. Apabila penggantian terlambat dilakukan, sistem pengereman berisiko mengalami kerusakan parah. Tentu saja biaya perbaikan untuk seluruh sistem rem sangatlah mahal.

Lantas kapan waktu yang tepat untuk mengganti kampas rem? Terdapat beberapa cara untuk mengetahui kapan kampas rem habis. Yang pertama adalah munculnya bunyi seperti besi saling bergesekan. Bunyi tersebut disebabkan dudukan kampas yang menyentuh bagian cakram atau tromol.

Gejala selanjutnya yakni mobil atau pedal rem bergetar saat berusaha menghentikan kendaraan. Jika hal ini terjadi, tampaknya sistem pengereman sudah mengalami sedikit kerusakan akibat kampas yang sudah habis.

Pertanda lainnya seperti pedal rem yang diinjak lebih dalam dari biasanya dan adanya banyak serbuk kampas di bagian dalam velg. Lakukan pemeriksaan sesegera mungkin dengan berkonsultasi dengan bengkel kepercayaan Anda.

(kpl/fid/rd)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-5-5
detail

BERITA POPULER