HOME » TIPS » KOMPONEN-KOMPONEN MOTOR YANG HARUS DIPERHATIKAN SAAT MUSIM HUJAN

Komponen-komponen Motor yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan

Kamis, 06 Juli 2017 21:00

Komponen-komponen Motor yang Harus Diperhatikan Saat Musim Hujan
Foto: Nazar Ray
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Meski musim penghujan baru akan terjadi pada beberapa bulan ke depan, namun tidak ada salahnya perlu memperhatikan beberapa hal terkait perawatan sepeda motor di saat musim hujan. Apalagi cuaca saat ini terbilang anomali, dimana periode musim panas juga kerap kali turun hujan.

Kali ini Honda memberikan beberapa kiat sederhana merawat sepeda motor saat musin hujan. Pada saat musim hujan, hal-hal yang perlu diperhatikan dan perlu dilakukan pemeriksaan adalah kondisi part-part safety, meliputi keausan ban depan dan belakang, fungsi rem belakang dan depan, dan fungsi lampu-lampu seperti lampu utama, lampu sein, lampu rem dan lampu-lampu indikator lainnya, serta kondisi rantai roda (drive chain)

Kemudian jika sepeda motor terkena air hujan disarankan untuk lekas dicuci menggunakan air yang mengalir. Setelah itu dilap sampai kering. Hal ini untuk menghindari korosi karena air hujan mengandung garam yang bisa menyebabkan korosi lebih cepat pada part sepeda motor.

Lalu bagaimana mengatasi motor mogok akibat hujan? Dan bagian-bagian apa saja yang harus diperiksa?

Lakukan pemeriksaan pada busi, cek dan pastikan ada percikan api pada busi, kemudian apabila kondisi motor terendam genangan air, ada kemungkinan air masuk ke ruang bakar. Buang air melalui lubang busi dengan 'meng-engkol' menggunakan kick starter sampai airnya tidak tersisa atau sedikit.

Apabila sepeda motor masih tidak bisa hidup, buka filter udara lalu coba hidupkan sepeda motor tanpa filter udara. Pemeriksaan selanjutnya periksa oli mesin, kalau sudah bercampur dengan air warna oli akan berubah menjadi putih seperti susu, maka segera lakukan pengurasan 2 sampai 3 kali menggunakan oli yang SAE-nya 10. Jika sudah bersih ganti oli mesin standar sesuai dengan spesifikasi pabrikan.

Untuk sepeda motor Honda yang menggunakan teknologi PGM-FI mempunyai kelebihan mudah untuk dihidupkan pada saat mogok akibat terendam genangan air. Hal ini disebabkan adanya sensor EOT yang berfungsi membaca suhu mesin sehingga mesin akan lebih mudah dihidupkan setelah pemeriksaan-pemeriksaan di atas dilakukan.

(kpl/nzr/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-7-7
detail

BERITA POPULER