HOME » TIPS » KURANGI KETELEDORAN DI JALAN DENGAN TIPS-TIPS BERIKUT

Kurangi Keteledoran di Jalan Dengan Tips-tips Berikut

Jum'at, 26 Mei 2017 22:30

Kurangi Keteledoran di Jalan Dengan Tips-tips Berikut
Image by detikcom
Editor : Magang | Reporter : Nicko Novanto

Otosia.com - Ramadhan sudah dekat dan beberapa orang telah berencana untuk melakukan perjalanan mudik nantinya, baik itu melalui jalur darat, laut, atau pun udara. Kebanyakan orang juga memilih jalur darat menggunakan kendaraan pribadinya karena sangat nyaman dan tidak menghabiskan banyak uang.

Namun demikian, masih banyak juga beberapa pengemudi kendaraan yang terlalu teledor dan bahkan terburu-buru saat mengendarai kendaraanya, hingga mengakibatkan kemarahan antar pengguna jalan hingga kecelakaan yang menelan korban jiwa. Maka dari itu, Autoguide mencatat beberapa hal-hal penting yang harus Anda perhatikan saat mengemudi.

Terkadang para pengguna jalan hampir tidak menghiraukan pengguna jalan lainnya, terutama saat ingin memotong jalur untuk saat di depan sebuah perempatan yang tidak memiliki lampu merah. Hendaknya saat menghentikan mobil atau motor di jalan memberi sebuah appresiasi kembali untuk menghargai pengguna jalan lainnya yang sudah memberinya jalan.

Lalu, ketika sampai di perempatan lampu merah, pastikan untuk tidak halangi jalur mereka saat lampu berubah menjadi hijau, terutama pada lajur kiri yang biasanya memperbolehkan pengguna jalan untuk belok kiri tanpa harus menunggu lampu berubah menjadi hijau.

Kemudian, gunakanlah lampu sen seperlunya. Karena alat tersebut bukanlah mainan, melainkan alat pembantu untuk memudahkan Anda berbelok atau pun mengganti jalur. Pastikan juga lampu sen menyala setiap ingin berbelok, karena kecelakaan selalu terjadi akibat keteledoran pengemudi yang lupa menyalakan lampu sen.

Jangan gunakan lampu kendaraan sebagai mainan. Lampu depan dan kendaraan memiliki fungsi khusus, yaitu mengingatkan kendaraan lainnya, terutama saat malam hari. Hal tersebut mampu memberi tahu kendaraan lain bahwa ada mobil atau motor yang melintas, beberapa orang juga sering menggunakan fungsi lampu sebagai mainan.

Dan terakhir dan yang paling penting adalah, gunakanlah jalur yang benar. Banyak orang telah melakukan kesalahan ini dan mengakibatkan kendaraan dibelakangnya harus berjalan lambat. Jika Anda hanya ingin berkendara dengan kecepatan yang rendah, maka baiknya jika mengambil lajur kiri saja. Jika masih saha menggunakan lajur kanan hanya untuk mengemudi santai, maka jangan heran jika patroli jalan menyuruh Anda untuk menepi dan memberi surat tilang.

Itulah tips-tips dan juga hal-hal yang perlu Anda perhatikan dan waspadai saat mengemudikan kendaraan menjelang ramadhan dan juga perjalanan mudik ke kampung halaman yang cukup jauh.

(kpl/nic/mag)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER