HOME » TIPS » MAU MODIFIKASI PINTU GUNTING? BISA PILIH MODEL ENGSEL INI

Mau Modifikasi Pintu Gunting? Bisa Pilih Model Engsel ini

Selasa, 07 November 2017 19:00

Mau Modifikasi Pintu Gunting? Bisa Pilih Model Engsel ini
Fiti: Hafid
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Dalam dunia modifikasi mobil, pintu gunting atau scissors door sering menjadi pilihan. Mampu meningkatkan tampilan, pemasangan pintu gunting memiliki berbagai macam cara atau pemilihan komponen.

Adapun salah satu poin penting dalam proses pengerjaan adalah pemilihan engsel. Pasalnya engsel merupakan komponen yang membuat pintu bergerak. Engsel itu sendiri terdapat dua macam yakni bolt on dan universal. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan.

Menurut Yosef Bee dari H20 Bodyworks, engsel yang paling memudahkan dalam pengaplikasian pintu gunting adalah tipe bolt on kit. Engsel pintu gunting ini memiliki dudukan yang mengikuti dudukan baut engsel pintu bawaan mobil. Hal tersebut mampu mempercepat pengerjaan modifikasi lantaran tidak memerlukan pengelasan.

"Untuk sistem bolt on, pengerjaan dilakukan dengan hanya melepas atau mengganti engsel standarnya. Lalu dipasang lah engsel vertical door-nya. Pengerjaan relatif cepat, sekitar 1-2 hari," ucap Yosef.

Hanya saja harganya terbilang lebih mahal ketimbang engsel universal, yakni sekitar Rp 9 juta sampai Rp 15 juta, tergantung jenis mobil. Sedangkan engsel universal memang dibanderol lebih murah sekitar Rp 4 juta sampai Rp 5 juta. Hanya saja kekurangannya adalah waktu pengerjaan yang mencapai 2 minggu dan biaya pemasangan relatif tinggi.

"Dari sisi harga memang lebih murah.Tapi biaya pasangnya bisa mendekati harga engselnya, sekitar Rp 4 jutaan. Karena pengerjaannya ada pengelasan pada sasis depan kiri dan kanan. Kelebihannya cuma di sudut yang bisa 90 derajat," jelas Yosef.

Kembali ke bolt on, memang komponen ini tidak selamanya bisa langsung digunakan ke beberapa merek mobil. Namun, hal itu bisa diatasi dengan merubah engsel bolt on dari mobil lain agar sesuai dengan dudukan baut mobil tersebut. Meski pengerjaannya menurut Yosef dapat memakan waktu hingga 1 minggu, akan tetapi lebih sederhana ketimbang engsel universal yang membutuhkan proses pengelasan.

"Contohnya Ayla, tidak ada engsel bolt on-nya. Kita bisa ubah dari engsel vertical door-nya Yaris, lalu kita ubah untuk menyesuaikan dudukan baut engsel pintu di Ayla. Jadi tidak ada perubahan di mobil, kita hanya rubah engselnya tanpa membutuhkan pengelasan," jelas Yosef.

(kpl/fid/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2017-11-8
detail

BERITA POPULER