HOME » TIPS » MEMILIH MATERIAL SISTEM EXHAUST AFTERMARKET

Memilih Material Sistem Exhaust Aftermarket

Rabu, 03 Januari 2018 22:00

Memilih Material Sistem Exhaust Aftermarket
Foto: Breakerlink
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Muhammad Hafid

Otosia.com - Dalam memilih sistem pembuangan kendaraan roda empat aftermarket perlu memperhatikan berbagai faktor. Mengingat banyaknya merek dan produsen sistem pembuangan yang beredar, diperlukan ketelitian agar terhindar dari insiden yang tak diinginkan.

Salah satu faktornya adalah material pembentuk sistem pembuangan. Menurut Yosef Bee dari bengkel H2O Bodywork, material memiliki peranan penting agar komponen dapat bertahan lama di bawah kondisi yang ekstrem.

"Bahan yang bagus untuk dijadikan material exhaust sejauh ini adalah stainless steel dengan kode 409L dan 304. Mempunyai kadar anti karat tinggi. Kandungan nikel dan kromiumnya sangat tinggi," jelas Yosef.

Pemilihan material pun juga bergantung pada bagian sistem pembuangan itu sendiri. Sebagai gambaran, muffler dengan header memiliki fungsi dan bekerja di bawah tekanan berbeda. Tentunya material yang digunakan juga berbeda.

"Muffler dan header sudah pasti berbeda material. Dengan daya panas yang berbeda, material header harus menggunakan bahan yang high temperature dan cepat dingin," jelas Yosef.

(kpl/fid/fdk)

Brabus 850 XL
 
12 Foto






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER