HOME » TIPS » MUSIM HUJAN, HATI-HATI OLI GARDAN SKUTIK TERCAMPUR AIR

Musim Hujan, Hati-Hati Oli Gardan Skutik Tercampur Air

Selasa, 07 Februari 2017 16:45

Musim Hujan, Hati-Hati Oli Gardan Skutik Tercampur Air
Foto: Honda
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Dimas Wahyu

Otosia.com - Oli gardan atau oli transmisi adalah satu bagian di sistem kerja skutik yang kerap luput dari perhatian. Padahal, fungsinya vital sebagai pelumas gerak perangkat yang tersambung dengan puli CVT.

Memang, masa pakainya lumayan lama sekitar empat kali dari masa ganti oli mesin skutik. Namun, yang kerap luput juga adalah apakah fungsinya masih normal?

Kondisinya pun bisa buruk jika pengendara kerap menerabas genangan banjir. Pasalnya, oli gardan yang tercampur air bisa membuat fungsinya ibarat oli gardan mobil matik yang menjadi kecoklatan dan memadat.

Kenapa air bisa masuk ke sana? Aksesnya ternyata bisa melalui selang saluran pembuangan panas yang di beberapa motor memang didesain menghadap ke bawah atau ke arah jalan.

"Banjir bisa masuk lewat selang pembuangan panas. Kalau sudah masuk, jadi berat. Kalau dibiarkan lama rusak," ujar Irawan, mekanik senior sepeda motor di Suzuki yang juga buka bengkel sendiri di Jalan Panjang, Jakarta Barat.

Karena masa pakai yang lama itu pula mengapa bagian ini kerap terabaikan. Padahal, harganya tidak mahal karena volumenya yang sedikit.

"Bongkar pun jarang (makanya kurang diperhatikan) Ukurannya cuma 100 ml," tambahnya.

(kpl/why/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER