Sukses

Tips Mencegah Si Buah Hati Mabuk Perjalanan

Otosia.com Perjalanan keluar kota bersama keluarga di akhir pekan memang menyenangkan. Namun, apa jadinya jika si buah hati mengalami mabuk darat saat di perjalanan? Tentu hal ini akan sangat merepotkan Anda.

Mabuk perjalanan itu sendiri merupakan gejala yang muncul ketika otak menerima informasi yang tak selaras dari indera pendengaran, pengelihatan, dan perasa lainnya. Gejala yang muncul biasanya mual, pusing, keringat dingin, sampai muntah.

Lalu adakah cara untuk mencegahnya? Berikut beberapa tips agar anak tidak terserang mabuk perjalanan saat berlibur.

Video Paling Dicari saat Ini
b[/b]

Selaraskan Indera Perasa

Selaraskan Indera Perasa

Salah satu cara adalah dengan meminta anak untuk melihat ke luar. Tujuannya agar informasi yang diterima otak selaras. Jangan biarkan buah hati melakukan kegiatan yang terfokus pada satu hal, seperti membaca buku atau bermain video games.

Beri Makanan yang Tepat

Beri Makanan yang Tepat

Sebelum memulai perjalanan, ada baiknya perut si kecil dalam keadaan terisi. Pastikan makanan yang dikonsumsi tak berisiko menyebabkan mabuk darat, seperti makanan pedas atau berminyak.

Jaga Sirkulasi Udara Kabin

Jaga Sirkulasi Udara Kabin

Pewangi ruangan yang terlalu menyengat terkadang justru bisa menyebabkan si kecil terserang mabuk perjalanan. Pastikan kabin berada dalam keadaan dan suhu udara yang kondusif. Membuka jendela juga di beberapa kasus bisa membuat penumpang terutama anak-anak merasa segar dan lebih nyaman.

Alihkan Perhatiannya

Alihkan Perhatiannya

Selama perjalanan, ajak si kecil melakukan aktifitas bersama. Coba alihkan perhatiannya dengan mengajak berbicara atau bernyanyi. Dengan demikian, anak-anak akan teralihkan pikirannya supaya tidak terlalu merasa tertekan dan tidak enjoy dengan perjalanannya.

Gunakan Obat Anti Mabuk

Gunakan Obat Anti Mabuk

Jika anak Anda berusia di atas dua tahun, penggunaan obat anti mabuk perjalanan bisa menjadi alternatif. Saat ini sudah banyak obat anti mabuk yang komposisinya disesuaikan untuk anak-anak. Obat-obat tersebut sebetulnya selain "mensugesti" supaya anak-anak tidak mabuk, tapi juga menstimulasi supaya lebih mudah tidur saat perjalanan.

Loading