Sukses

7 Tips Memperpanjang Usia Aki

Otosia.com "Battery" atau yang sering disebut aki, pada mobil maupun kendaraan bermotor lainnya seringkali masih dianggap satu elemen yang tidak begitu penting. Cukup sering bahwa intensitas maintenance aki tidak se-sering dan dianggap tidak se-penting bagian mobil lainya.

Padahal, lampu yang berkedip-kedip dan labil, kelistrikan yang tidak se-konsisten sebelumnya, bahkan saat starter sering gagal, merupakan salah satu indikasi urgent yang harus segera ditangani pada bagian kelistrikan sebelum menjadi lebih parah.

Berikut ini redaksi Otosia tampilkan beberapa tips yang bisa dilakukan dan diterapkan pada aki mobil supaya tetap prima, selain itu tips-tips di bawah ini akan cukup untuk membuat aki mobil tetap dalam kondisi bagus dalam waktu yang lebih lama.

Video Terpopuler saat Ini
b[/b]

Komponen

Komponen

Sebelum turun jauh untuk melihat bagaimana kondisi aki, akan lebih baik jika di awal dirasakan terlebih dahulu performa elemen-elemen yang berhubungan dengan kelistrikan. Cek di awal antara lain kondisi AC, starter kontak, lampu, atau power window.

Hal ini dilakukan karena dari situlah seringkali indikasi rusak maupun kurangnya performa aki terasa. Selain itu, keadaan kelistrikan yang berpengaruh langsung terhadap elemen mobil jadi yang paling mudah untuk diawasi oleh orang awam.

Kepala Aki

Kepala Aki

Salah satu kendala fisik yang paling sering dialami oleh aki adalah pada kondisi kepala aki itu sendiri. Keberadaan uap air dan kotoran yang berlebih biasanya akan berujung pada kondisi kepala aki yang kotor dan lebih jauh lagi jadi berkerak.

Cara paling mudah supaya terhindar dari hal tersebut adalah mencuci kepala aki menggunakan air panas sehingga kerak-kerak bisa dibersihkan dengan mudah. Setelah itu pastikan bahwa kepala aki juga langsung dikeringkan dari sisa air supaya menghindari korselet.

Permukaan

Permukaan

Aki sendiri dibagi menjadi dua jenis, aki basah dan aki kering. Keberadaan aki basah terkadang harus menyita perhatian tersendiri para pemilik mobil. Karena salah satu yang utama dari aki basah adalah bagaimana pemilik mobil tidak membiarkannya kering.

Dan indikasi paling mudah untuk melihat apakah aki basah yang dimiliki sudah dalam kondisi "kering" atau tidak adalah permukaan airnya. Usahakan supaya aki basah airnya dalam kondisi permukaan yang masih aman.

Pemakaian

Pemakaian

Pemakaian aki memang tidak hanya terbatas pada penggunaan power window, ac dan beberapa elemen dasar yang lainnya. Yang harus diingat adalah bahwa aki juga dipergunakan untuk menyalakan sistem audio dan entertainment yang lainnya.

Perlu digarisbawahi bahwa penggunaan audio dalam mobil yang biasanya sudah termodifikasi tersebut memakan energi dari aki secara langsung. Maka mengurangi konsumsi sistem audio yang berlebihan, dalam jangka waktu yang panjang akan berguna untuk semakin membuat awet aki.

Kontak

Kontak

Siapa yang sangka bahwa kondisi remeh seperti posisi kontak mobil juga memengaruhi apa yang akan terjadi pada aki baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Karena saat dalam kondisi On, sistem kelistrikan mobil akan mengasumsikan bahwa listrik juga sedang mengalir.

Sementara itu, saat kelistrikan mobil berasumsi bahwa mesin sedang On, algoritma yang berjalan pada sirkuit m kelistrikan akan terus membuatnya memompa aliran listrik. Maka dari itu, pastikan bahwa saat mobil tidak dipakai, kontak harus dalam kondisi Off.

Aksesoris

Aksesoris

Selain penggunaan audio dan music system, beberapa aksesoris juga akan cepat sekali membuat kondisi aki berubah. Biasanya hal inilah yang jadi alasan para modifikator untuk membuat skema baru dengan cara menambah aki di luar aki untuk keperluan mobil sendiri.

Para modifikator yang biasa menambahkan TV, lampu Led maupun game Playstation di dalam mobil mereka biasanya sudah paham bahwa penggunaan aki yang baru akan menyokong aki utama dan menghindarkan aki utama supaya tidak soak.

Maintenance

Maintenance

Yang paling penting dan harus dilakukan para pemilik mobil dan kendaraan bermotor sekalipun sudah bertahun-tahun memiliki mobil adalah perawatan rutin yang bisa dilakukan di bengkel resmi maupun bengkel servis rutin.

Hal ini dilakukan tentu saja semata-mata supaya kondisi aki tetap bisa dalam kondisi prima. Kondisi aki bisa dipantau dengan lebih akurat oleh para pengelola bengkel, apakah dalam kondisi baik, harus dicharge ulang, atau memang harus diganti.

Loading