Sukses

Gas Motor Matic Nyangkut Saat Berkendara? Ini Pertolongan Pertamanya

Otosia.com Buat para pengendara sepeda motor matic pasti tidak ingin mengalami handle gas kendaraannya nyangkut, terlebih ketika sedang berkendara.

Sebab ketika handle gas nyangkut saat berkendara akan sangat membahayakan, karena putaran mesin tidak terkontrol dan motor sulit untuk dikendalikan.

Meski sangat jarang terjadi namun sebagai pengguna sepeda motor, khususnya pengendara motor matic kita harus tahu cara mengatasi ketika mengalami kejadian tersebut. Perlu cara cerdas untuk menanggapinya agar terhindar dari kejadian yang tidak diinginkan .

Hal pertama yang harus dilakukan saat berkendara dalam kondisi handle gas nyangkut dan putaran mesin sepeda motor tidak bisa diturunkan, yakni mengontrol diri untuk tidak panik terlebih dahulu.

Setelah itu, usahakan untuk mematikan mesin. Untuk motor jenis matic, bisa langsung dengan memutar kunci kontak agar mesin langsung mati. Kemudian melakukan pengereman dan menepi ke pinggir jalan dan berhenti agar aman terlebih dahulu.

Sebelum GIIAS 2022
b[/b]

Selanjutnya

Selanjutnya

Nah sambil berhenti, coba periksa kabel gas, coba gerak-gerakan sarung kabel gasnya. Lalu coba putar-putar handle gas. Kalau dirasa masih bisa lancar, ketika gas ditarik dan dilepas bisa otomatis kembali sendiri, silakan coba kembali hidupkan motor dan mainkan gasnya.

Kalau mesin motor menyala, naik turunnya putaran mesin sudah sesuai dengan uliran gas dan dirasa sudah normal silakan lanjutkan perjalanan.

Namun meski motor sudah dirasa "normal" untuk berkendara, tapi hal tersebut tetap saja perlu dilakukan perbaikan lebih lanjut ketika nanti sudah sampai di lokasi tujuan agar kejadian serupa tidak terulang.

Tetapi jika motor tidak bisa normal, putaran mesin masih meraung handle gas tidak mau turun secara otomatis, otolovers perlu melakukan tindakan lebih lanjut, yakni mencari bengkel terdekat untuk dilakukan perbaikan.

Kejadian seperti ini biasanya akan terjadi ketika otolovers yang kurang merawat sepeda motor maticnya, terlebih pada bagian spare part pengontrol putaran mesin tersebut. 

Dan agar terhindar dari kejadian tersebut jangan lupa sering-sering melakukan pengecekan dan lumasi kabel gas dengan menyemprotkan cairan pelumas.

Loading