Sukses

Cara Jitu Jual Mobil Bekas Secara Online, Biar Cepat Laku dan Upgrade yang Baru

Otosia.com, Jakarta Ingin berminat upgrade mobil baru? Maka salah satu langkah yang biasa ditempuh untuk mewujudkannya adalah dengan menjual mobil lama terlebih dulu. Dengan begitu, dana yang diperoleh dari penjualan mobil lama bisa menjadi tambahan uang muka atau pelunasan mobil baru yang akan dimiliki nantinya.

Tapi, menjual mobil bekas juga nggak semudah membalikkan telapak tangan. Ada yang bilang jual beli itu ibarat cocok-cocokan, tapi bisa juga kamu usahakan dengan menerapkan beberapa strategi jual mobil berikut ini.

Sebelum GIIAS 2022

Pasang Harga yang Wajar

Pastinya sudah paham banget dong kalau mobil termasuk salah satu asset yang mengalami penyusutan atau Depresiasi. Ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi hal tersebut, mulai dari kilometer yang sudah dicapai, kondisi fisik, buku servis, hingga varian mobil bekas yang dimiliki.

Jadi, menyiapkan harga yang wajar sangat penting untuk membuat penjualan mobil bekas jadi lancar. Survey dulu harga pasaran penjualan mobil bekas untuk varian serupa di tahun yang sama, barulah kamu bisa memasang harga yang tepat.

Dukung dengan Foto Produk yang Jelas

Dalam melakukan penjualan mobil secara online, foto produk adalah hal yang sangat penting untuk menarik calon pembeli. Jadi, perhatikan foto produk yang dipasang, karena itulah etalase produk jualan yang sebenarnya.

Pastikan kamu memperlihatkan foto kondisi produk secara detail, mulai dari interior hingga eksteriornya. Namun, karena tujuan foto adalah untuk menjual barang, pastikan untuk membersihkan mobil dari bagian luar hingga dalam secara merata untuk menarik minat pembeli. Foto produk yang dibuat sebisa mungkin menunjukkan detail kondisi barang secara real.

Berikan Detail Spesifikasinya

Selain foto produk, berikan juga penjelasan tambahan tentang detail mobil yang akan dijual. Misalnya data berupa merek, tipe, tahun pembuatan, warna bodi, kapasitas mesin, jenis bahan bakar dan tahun registrasinya.

Data-data ini merupakan informasi dasar yang biasanya dicari oleh para calon pembeli. Jika memang sesuai dengan tipe yang mereka cari, biasanya calon pembeli akan langsung menghubungi penjual.

Jelaskan Kondisi Kendaraan

Karena melakukan penjualan secara online di mana calon pembeli nggak bisa melihat langsung barang daganganmu, jadi jangan lupa berikan juga penjelasan detail terkait kondisi kendaraan. Ada beberapa poin yang harus dicantumkan, mulai dari jarak tempuh yang sudah dicapai, kondisi bodi mobil juga perlu dijelaskan jika ada masalah, hingga kondisi ban.

Semakin detail penjelasan yang diberikan penjual, maka semakin besar juga peluang untuk menarik konsumen yang memang membutuhkan mobil sesuai dengan kriteria dan harga yang dipasang.

Berikan Penawaran untuk Cek Kendaraan Langsung

Calon pembeli biasanya membutuhkan kepastian terkait kondisi kendaraan yang akan dibeli. Jadi, nggak ada salahnya untuk memberikan penawaran cek kendaraan langsung hingga test drive.

Supaya menarik minat orang, pastikan lakukan perawatan kendaraan terlebih dulu agar kondisinya lebih prima. Jangan lupa cek komponen yang bisa mengurangi harga atau malah membuat pembeli jadi nggak berminat. Misalnya jika ada masalah pada mesin, AC mati, atau kendaraan yang terlihat kotor.

Jangan lupa juga untuk menyiapkan berbagai kelengkapan dokumen yang dibutuhkan dalam proses jual beli mobil. Surat-surat kendaraan yang terjamin kelengkapannya jelas dapat membantu mobil lama cepat laku.

Itu tadi beberapa hal yang bisa dilakukan dalam memproses penjualan mobil bekas secara online. Semoga bisa segera upgrade dengan yang baru ya!

Loading