Sukses

Memakai Mobil Bekas Mengapa Tidak? Pastikan Mengecek 5 Bagian Ini saat Membelinya Ya!

Otosia.com, Jakarta Mobil pribadi adalah salah satu moda transportasi yang nyaman untuk digunakan sebagai tunggangan sehari-hari. Terbebas dari berbagai gangguan cuaca dan bisa dikendarai secara nyaman, berkendara dengan mobil pribadi juga sekaligus menjadi trademark tersendiri bagi penggunanya.

Maka tak heran jika daya beli mobil pun selalu tinggi meski kendaraan tersebut bekas pakai atau second hand. Jika kamu adalah salah satu orang yang tertarik untuk membeli mobil bekas, pastikan untuk mengecek lima bagian ini ya!

Mesin

Saat membeli mobil bekas, mesin adalah bagian paling krusial untuk dicek. Hal ini penting untuk memastikan kondisi mesin kendaraan berdasarkan usia mobil hingga performanya. Tak jarang, mesin mobil bekas juga memiliki berbagai riwayat kecelakaan hingga kebanjiran sehingga perlu diperhatikan secara mendetail.

Kondisi mesin pun mempengaruhi harga mobil bekas secara signifikan. Periksa juga kondisi rembesan oli pada mesin, busi, dan beberapa aspek lain.

Pengereman

Rem merupakan bagian penting pada mobil yang bertanggung jawab atas pengendalian kecepatan selama di jalan raya. Oleh sebab itu, pastikan kondisi rem benar-benar prima saat membeli mobil bekas.

Pengecekan bisa meliputi minyak rem, kampas, selang, dan seal kaliper. Jika dirasa perlu, kuras minyak rem dan ganti dengan yang baru sesuai rekomendasi pabrikan mobil untuk memaksimalkan performa.

Sistem Kelistrikan

Sama pentingnya, kelistrikan bisa menjadi pemicu mobil bisa mogok di tengah jalan. Jika dibiarkan, hal ini juga bisa membahayakan pengendara serta pengguna jalan yang lain.

Pengecekan pada sistem kelistrikan bisa dimulai dari komponen aki, sekring, dan sejenisnya. Agar pengecekan lebih optimal, gunakan multitester dalam kondisi mesin mobil menyala. Pada kondisi normal, multitester akan menunjuk angka 13 hingga 13,8 volt. Jika kurang dari angka tersebut, berarti ada masalah yang sedang terjadi di sistem kelistrikannya.

Kaki-Kaki

Meski bekas, mobil haruslah nyaman digunakan tanpa distraksi dan guncangan berlebih saat dikendarai. Beberapa masalah pada kaki-kaki bisa muncul berupa bunyian, guncangan, serta suspensi yang kurang optimal.

Pengecekan kaki-kaki perlu diperhatikan secara detail meliputi ball joint, suspensi, bushing, arm, tie rod dan lain-lain. Kondisi ban serta velg juga perlu dilakukan untuk memaksimalkan performa.

Sistem Pendingin Mesin

Jangan biarkan mobil bekas yang baru saja dibeli memunculkan impresi negatif berupa mogok di tengah jalan. Selain kelistrikan, elemen penting yang perlu diperhatikan adalah sistem pendingin mesin.

Dalam hal ini, radiator haruslah prima sebelum digunakan. Pastikan juga kondisi air radiator dalam kondisi yang baik.

Jika kelima bagian di atas dari mobil incaranmu dalam kondisi prima, maka jangan ragu untuk menghargai tunggangan tersebut dengan harga sedikit di atas nilai pasar. Pastikan juga untuk membeli mobil bekas pada platform yang tepat untuk memberikan kenyamanan dan terhindar dari berbagai tindak kecurangan.

Loading