Sukses

Lampu Motor Suka Redup atau Buram? Begini Cara yang Benar Merawatnya

Otosia.com, Jakarta Salah satu bagian penting dari sepeda motor adalah lampu. Komponen penerangan ini selain sangat dibutuhkan saat berkendara malam hari, juga ketika siang wajib menyala. Lampu utama sepeda motor wajib dinyalakan pada siang hari bertujuan mengurangi tingkat kecelakaan lalu lintas.

Seiring usia pemakaian sepeda motor, beberapa komponen kelistrikan di sepeda motor juga ikut melemah. Ini meyebabkan lampu motor ikut redup sehingga pandangan pengendara sedikit kurang jelas ketika berjalan malam hari.

Karena itu ada baiknya tetap melakukan perawatan dan mengenali lebih dulu bermacam-macam penyebab lampu motor redup. Berikut tips cara merawat lampu motor seperti yang disarankan main dealer Yamaha PT Thamrin Brothers (Sumatera Selatan & Bengkulu).

 

 

 

Video Paling Dicari saat Ini

Hindari air masuk

Seperti diketahui bawa semua perangkat listrik tidak boleh terkena air. Hal tersebut dikarenakan air dapat menyebabkan terjadinya korsleting dan karat.

Begitu pula dengan lampu pada sepeda motor. Pemilik motor harus memastikannya bebas dari air. Caranya dengan rutin mengecek kondisi batok penutup lampu sudah terpasang dengan baik.

Pastikan pula tidak ada celah-celah yang berukuran cukup lebar di sela-selanya, terutama saat kondisi hujan lakukan pengecekan secara berkala.

 

Menjaga kondisi pelindungnya

Faktor utama dalam merawat lampu motor yaitu pemliknya harus merawat bagian pelindungnya sebaik mungkin.

Berkendara dengan hati-hati agar terhindar dari kecelakaan yang dapat membuat pelindung lampu atau batok motor rusak.

Memarkirkan motor di tempat teduh merupakan salah satu cara menjaga kondisi batok motor agar tidak cepat menguning dan dapat mengganggu penerangan lampu.

 

Jangan asal modifikasi

Pemilik kendaraan yang gemar melakukan modifikasi pada motor kesayangan mereka, termasuk pada bagian lampunya harus benar benar cermat melakukannya.

Dalam melakukan modifikasi ini, pemilik motor harus tetap memperhatikan jangan sampai modifikasi yang dilakukan justru mengakibatkan lampu motor malah mati atau korsleting di bagian kelistrikan motor.

 

Ternyata Lampu Motor Lebih Sering Diganti Ketimbang Oli

Dibandingkan dengan oli, lampu motor ternyata menjadi salah satu komponen yang lebih sering dicari orang. Fakta ini bukan karena faktor menjelang mudik, seperti yang disebutkan oleh montir Venus Motor, Toni.

"Kalau di bengkel sini, orang yang ganti lamu atau beli lampu depan (motor) itu lebih banyak dibanding yang ganti oli. Dulu mungkin masih 10-15 buah (lampu) per hari tapi kalau sekarang bisa 30 lampu," kata Toni.

Toni menyebut, hal ini lantaran motor zaman sekarang lebih banyak berteknologi injeksi.

"Sebenarnya sekarang banyak motor yang pakai injeksi dan sudah dengan lampu LED. Permasalahannya, motor semacam itu kalau starter kan lampu langsung nyala atau hidup. Ini yang bikin boros aki juga dan umurnya gak lama," jelasnya.

Ubah kelistrikan

Menurutnya, jika dibandingkan dengan motor pada generasi sebelumnya masih banyak menggunakan lampu. Jika ingin diubah menggunakan LED maka harus diubah pula kelistrikannya.

"Kalau nggak dibikin mati, gak dipasang saklar, lama-lama ya cepat ganti lampu juga," tambahnya.

Sebagus apapun LED-nya, umurnya juga akan sama dengan motor yang standarnya memang sudah memakai lampu LED.

"Biasa harus ubah jalur, kalau aslinya yang benar-benar LED nggak usah diubah langsung pasang aja. Kualitas juga beda. Harusnya kuat 2-3 tahun kalau ganti lampu LED asli. Kalau yang lampu biasa cuma kuat setahun," Kata Toni.

Umumnya, penyakit lampu cepat ganti ini sering terjadi pada Honda Beat. Sebab, lampu motor ini langsung menyala saat pertama mesin dinyalakan.

 
Loading