Sukses

Kapan Terakhir Kali Kamu Mengecek Filter Udara? Kalau Sampai Lupa, Begini Risikonya

Otosia.com, Jakarta Saat ini mayoritas sepeda motor yang dipasarkan di Indonesia sudah menggunakan teknologi injeksi. Memiliki beberapa kelebihan, sebenarnya perawatan mesin injeksi tidaklah terlalu sulit.

Untuk menjaga performa mesin motor injeksi ini cukup praktis dan efisien, seperti melakukan pengecekan rutin pada komponen filter udara atau saringan udara.

Komponen ini penting pada sepeda motor karena berfungsi untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing, seperti debu atau kotoran yang akan masuk ke mesin sehingga aliran udara ke ruang bakar menjadi bersih dan memaksimalkan proses pembakaran.

“Untuk menjaga performa sepeda motor, konsumen sangat diwajibkan untuk melakukan perawatan rutin mulai dari pengecekan berkala sesuai waktu yang direkomendasikan sampai penggantian sparepart jika sudah perlu diganti,” buka Riyadi Prihantono, Koordinator Manager After Sales & Motor Sport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). 

Video Terpopuler saat Ini

Dua Jenis Filter Udara

Menurut Riyadi, filter udara terdiri dari 2 (dua) jenis, yaitu tipe kering yang dapat dibersihkan dengan menggunakan semprotan angin bertekanan dan tipe basah yang tidak bisa dibersihkan, namun memiliki daya saring lebih baik.

Kedua tipe filter udara ini tetap memerlukan pengecekan dan penggantian sampai batas pemakaian sewajarnya, sesuai dengan buku pedoman pemilik kendaraan.

Melihat perannya yang penting untuk menjaga performa sepeda motor, maka para konsumen wajib melakukan pengecekan filter udara secara rutin setiap kali konsumen melakukan servis berkala pada bengkel terpercaya.

Disesuaikan dengan Jarak Tempuh

Khusus di bengkel resmi Yamaha, teknisi akan memberikan rekomendasi jika filter udara masih bisa dibersihkan dan layak digunakan atau sudah perlu diganti.

Penggantan filter udara juga disesuaikan dengan jarak tempuh dan waktu pemakaian yang direkomendasikan mengacu pada buku petunjuk pemilik.

‘‘Perawatan sepeda motor Yamaha dan pergantian sparepart sangat dianjurkan di bengkel resmi Yamaha. Karena sparepart yang digunakan sudah pasti asli. Bagi konsumen yang tidak terlalu paham sepeda motor, jangan khawatir karena Yamaha juga menyediakan aplikasi my Yamaha app sebagai pengingat jadwal servis sekaligus mempermudah konsumen dalam melakukan perawatan sepeda motor,” tutup Riyadi.

 

Aplikasi My Yamaha Motor

Saat ini aplikasi My Yamaha Motor secara khusus dikembangkan untuk memberikan kemudahan akses informasi yang lengkap bagi pengguna motor Yamaha (untuk motor Yamaha produksi tahun 2011 ke atas selain CBU).

Manfaat aplikasi ini semakin dirasakan oleh konsumen, khususnya di tengah pandemi Covid-19. Misalnya bagi konsumen yang ingin melakukan perawatan sepeda motornya dengan memanfaatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY), dengan mudahnya dapat mengecek informasi dealer dengan layanan SKY terdekat melalui aplikasi. Kemudian bisa langsung menghubungi diler untuk meminta teknisi datang ke tempat tinggal.

Aplikasi My Yamaha Motor memiliki fitur layanan terkait informasi motor dan servis. Untuk informasi motor dan servis ini, hal-hal yang dapat diketahui oleh konsumen meliputi informasi panduan pemilik kendaraan (manual e-book), ketentuan garansi, ketentuan Kartu Servis Gratis (KSG) dan Kartu Servis Berkala (KSB).

Notifikasi

Lalu ada pula pemberitahuan atau notifikasi secara otomatis terkait servis gratis (3 hari sebelum masa KSG habis) dan servis berkala (3 bulan setelah servis terakhir). Tidak hanya itu, pasca melakukan servis di bengkel resmi Yamaha, konsumen juga dapat memberikan nilai kepuasan dalam bentuk rating serta mendapatkan riwayat layanan perawatan motornya.

Pada aplikasi My Yamaha Motor, pengguna juga dapat mengetahui informasi perihal produk, event dan promo menarik dari Yamaha Indonesia melalui e-banner yang terdapat di halaman utama aplikasi.

Agar dapat menikmati seluruh menu layanan yang terdapat pada aplikasi My Yamaha Motor, pemilik sepeda motor Yamaha harus melakukan registrasi terlebih dahulu dengan cara memasukan nomor rangka sepeda motor serta nomor handphone pada halaman registrasi di aplikasi. Setelah itu, akan ada pesan singkat masuk yang mengirimkan kode verifikasi pendaftaran.

 
Loading