Sukses

Aki Tekor dan Kick Stater Tidak Berfungsi, Coba Hidupkan Motor Manual dengan Cara Mendorongnya

Otosia.com, Jakarta Motor bisa mengalami masalah kapan saja. Apalagi bila jarang dirawat. Biasanya masalah yang umum ialah tidak bisa start, baik elektrik maupun kick stater.

Nah khusus untuk motor manual, ada satu cara yang bisa dilakukan, yaitu dengan mendorongnya. Sebelum mencobanya langsung, yuk pelajari dahulu apa saja yang harus disiapkan untuk melakukannya.

 

Video Terpopuler saat Ini

1. Periksa adakah hal lain yang membuat mesin sepeda motor tidak dapat dihidupkan

Sebelum mendorong sepeda motor, periksa kembali masalah lain yang ada dan tidak bisa diselesaikan dengan hanya mendorong motornya saja. Tentu kalau asal mendorong akan buang-buang tenaga dan waktu.

Contohnya jika bahan bakar pada motor ternyata habis, didorong berkilo-kilometer pun pasti tidak akan hidup. Jadi periksa setiap masalah. Kalau masalahnya karena aki yang tekor, cara ini bisa segera dieksekusi.

 

2. Masukkan persneling ke gigi 1 atau 2

Masukkan motor ke gigi 1 atau 2 untuk motor manual. Sepeda motor yang diparkir biasanya berada dalam posisi netral. Ini bisa diketahui dengan mendorongnya ke arah depan. Dengan posisi netral, sepeda motor bisa digerakkan ke depan tanpa harus menekan kopling.

3. Tekan kopling dan dorong sepeda motor

Banyak panduan artikel dan video yang menyarankan agar sepeda motor yang didorong dengan kecepatan minimal 8 km/jam untuk menghidupkan mesin motor. Untuk itu perlu jalan yang sedikit panjang agar tidak ada penghalang. Sesuaikan ruang di kiri-kanan untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba kehilangan kendali ketika mesin sepeda motor sudah menyala.

Kecepatan mendorong bisa didapatkan dengan mudah jika kebetulan kontur jalannya menurun. Anda bisa langsung menaikinya. Berhati-hatilah ketika menjalankan sepeda motor di jalanan seperti ini. Jangan sampai kehilangan kendali yang memicu motor terguling.

4. Lepaskan kopling

Setelah mendapatkan laju dengan kecepatan yang cukup untuk menyalakan sepeda motor, lepaskan kopling. Tambahan gas sedikit demi sedikit, setelah itu sepeda motor akan menyala, tekan kembali kopling agar motor tidak hilang kendali dan meloncat ke depan.

5. Pertahankan mesin yang menyala

Setelah sepeda motor yang berhasil dihidupkan kembali, usahakan agar motor tidak mati kembali dengan menekan kopling dan gas agar RPM naik. Dengan terus memutar gas sepeda motor, aki akan ikutan terisi.

Jika aki sepeda motor habis, gunakan sepeda motor untuk berkeliling atau memelintir tuas gasnya untuk mengecas aki agar tidak perlu mendorongnya lagi. Bila diperlukan, segera cari bengkel terdekat untuk melihat kondisi motor secara menyeluruh.

 
Loading