Sukses

Tips Merawat Gear Sepeda Motor dan Kampas Rem

Otosia.com, Jakarta Motor sport merupakan salah satu tipe yang kini memiliki cukup banyak penggemar selain skutik, baik sebagai kendaraan harian maupun sekadar hobi.

Pada motor sport terdapat gear yang berfungsi untuk pemindah daya dari mesin ke roda belakang. Untuk menjaga agar fungsi tersebut tetap optimal, maka konsumen perlu memperhatikan perawatannya.

PT Thamrin Brothers, main dealer area Sumatera Selatan dan Bengkulu memberikan sejumlah poin tips perawatan gear motor sport sebagai berikut:

Video Terpopuler saat Ini

Rutin Dibersihkan dan Dilumasi

Pada saat musim hujan seperti saat ini gear motor sport rawan kotor dan terkena cipratan air. Oleh sebab itu rajin membersihkan gear tersebut dengan cairan pembersih khusus gear dan rantai. Jangan menggunakan oli bekas karena bisa membuat debu dan kotoran justru lebih menempel.

Selain menjaga kebersihan, jangan lupa untuk rajin melumasi gear motor sport dengan cara menyemprot menggunakan pelumas khusus gear dan rantai.

Hal tersebut agar mengurangi gesekan dan kotoran yang bisa menyebabkan umur pakai gear dan rantai semakin pendek. Disarankan untuk melakukan pelumasan minimal satu kali dalam seminggu.

Menyetel Gear dan Rantai

Penyetelan gear dan rantai bisa dilihat di buku manual kendaraan sepeda motor, kekencangan rantai harus diperiksa setiap sebelum berkendara, dan disetel jika diperlukan. Konsultasikan terlebih dahulu dengan bengkel resmi Yamaha jika ingin melakukannya penyetelan rantai sendiri.

Bagian rantai dan gear, akan selalu dilakukan pemeriksaan sesuai jadwal perawatan berkala, jika sudah di luar standard maka teknisi akan melakukan penyetelan, jika rantai sudah terlalu renggang dan gear sudah terlalu aus, maka wajib dilakukan pergantian satu set.

Kekencangan rantai yang tidak tepat akan membebani mesin dan komponen-komponen vital lainnya sehingga rantai dapat slip atau putus.

Perawatan Kampas Rem

Selain gear, kampas rem sebagai komponen yang penting pada sepeda motor, karena berfungsi menekan piringan cakram, sehingga kecepatan sepeda motor berkurang atau berhenti.

Kampas rem terbuat dari material abrasive yang akan habis jika terus mendapatkan gesekan saat melakukan pengereman, maka ketebalan kampas rem harus kita perhatikan.

Mengingat pentingnya peran kampas rem, diperlukan perawatan agar kinerjanya optimal. Dibawah ini beberapa kiat merawat kampas rem sepeda  motor.

Gaya berkendara dan Bersihkan Kampas Rem

Selama mengendarai sepeda motor disarankan jari tidak selalu menempel di tuas rem, karena dikhawatirkan jari secara tidak sadar akan menarik tuas rem saat kendaraan melaju dan pastinya akan memakan kampas rem. Pastikan menjaga jarak aman dengan pengendara lain, agar tidak terjadi pengereman mendadak yang menyebabkan roda terkunci dan terjadi slip.

Di musim hujan kampas rem rawan kotor, hal tersebut dikarenakan kotoran dari air hujan atau genangan air menempel di permukaan kampas rem dan jika tidak dibersihkan dapat mengganggu efektivitas kinerjanya.

Dianjurkan untuk rutin membersihkan bagian kampas rem dengan cairan pembersih rem atau menyemprot dengan tekanan rendah pada bagian dari kampas rem.

Cek Kaliper dan Bearing Roda

Bersihkan kaliper dan per kampas rem, hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Lalu cek jarak antara piringan dan kampas rem. Jika belum pas atau sempurna maka atur kembali dalam posisi yang tepat dan pastikan putaran roda lancar tanpa tersendat.

Cek ketebalan kampas rem, ganti jika sudah tipis karena akan mengikis permukaan piringan cakram biasanya ditandai dengan bunyi gesekan.

Bearing roda yang bermasalah akan membuat putaran roda tidak rata atau pelek menjadi goyang, akibatnya piringan cakram akan menekan kampas rem sehingga putaran roda akan tersendat tanpa kita melakukan pengereman.

Lakukan perawatan sepeda motor secara berkala di bengkel terpercaya. Hal ini untuk menghindari kerusakan pada bearing.

Loading