Sukses

Kendaraan Ditinggal Lama, Haruskah Copot Busi?

Otosia.com, Jakarta Kendaraan yang ditinggal lama umumnya memerlukan perawatan khusus. Contohnya saja aki yang setidaknya harus dicopot bila ditinggal cukup lama. Atau setidaknya mesin dipanasi agar aki tak gampang tekor.

Lalu bagaimana dengan komponen lain kendaraan contoh busi? Selaras dengan fungsi busi yang sangat vital menjaga pengapian kendaraan, haruskah benda ini dirawat secara eksklusif, misalnya dicopot sebelum kendaraan tidak pakai?

Diko Oktaviano, Technical Support PT NGK Busi Indonesia menjelaskan bila busi tidak seperti part mesin lain yang mungkin akan rusak bila dibiarkan lama.

Menurutnya, busi tidak perlu dicopot apalagi diganti baru bila tidak dipakai. Apalagi busi tidak mengalami fase kadaluarsa.

Video Terpopuler saat Ini

Syarat Busi Masih Layak Pakai

Meski masih aman untuk digunakan kembali setelah kendaraan terparkir lama, Diko menegaskan agar tetap mengecek ulang kondisi busi. Ia menyebut kondisi selama busi masih dalam keadaan sehat semestinya tidak berpengaruh terhadap performa mesin.

"Berbeda dengan oli, busi tidak mengalami perubahan bentuk kalau sudah pernah digunakan, tidak berpengaruh. Jadi tidak perlu diganti selama busi tidak dipakai masih bisa berfungsi, asal juga kondisi ruang bakarnya sehat," jelas Diko, seperti disitat dari Liputan6.com, Minggu (20/11/2022).

Hanya saja Diko menyarankan agar kendaraan dipanasi secara berkala, setidaknya 1-2 kali dalam seminggu. Ternyata, hal itu berguna untuk mengikis kerak dalam ruang bakar.

"Yang penting sering-sering dipanasin biar kerak ruang bakar terbuang. Pokoknya kalau lama tidak bergerak, cukup dipanasin aja sekitar 10 menit. Itu sudah cukup membuang kerak," imbuhnya.

Selanjutnya, amankah bila mesin langsung dinyalakan tanpa terlebih dahulu mengutak-atik businya?

Bisa Langsung Digas

Lebih lanjut, menurut Diko lagi, tidak ada masalah bilamana kendaraan langsung dinyalakan. Tapi syarat mutlaknya harus tetap diperhitungkan, yakni tidak ada bocor atau kerusakan pada busi.

"Selama busi enggak ada gejala keausan, bocor ato kerusakan kecil lainnya kendaraan aman saja untuk dinyalakan lagi walaupun keadaan udah lama enggak nyala," ujarnya kepada Otosia.com, Selasa (1/11/2022) lewat pesan singkat WhatsApp.

Namun ia memberi saran sebaiknya dicek terlebih dahulu. Minimal busi dalam keadaan bersih dari kerak karbon.

"Tapi ada baiknya busi dicek dan dibersihin dulu dari kcarbon sebelum kita mau nyalain kendaraan yg sudah tidur terlalu lama. Soalnya ruang bakar yang sudah tertidur butuh pengapian yang responsif biar lebih cepat nyala," tambah dia lagi.

Loading