Sukses

Ujung Terminal Busi Dibikin Beda, Apa Saja Fungsinya?

Otosia.com, Jakarta Busi memiliki anatomi unik dengan rangkaian material yang diproduksi sedemikian rupa untuk memproduksi percikan api dalam proses kombusi kendaraan bermotor. Salah satu bagian busi yang memiliki desain khusus dengan beragam bentuk adalah terminal nut atau disebut juga dengan terminal stud.

Bagian ini berada di bagian ujung yang bersinggungan langsung dengan tutup busi.

Meski terkesan hanya sebuah pucuk berbahan metal, bagian terminal ini memiliki pengaplikasian berbeda-beda, tergantung pada jenis kendaraannya.

Menurut PT NGK Busi Indonesia, dikutip dari laman resmi mereka, Senin (21/11/2022), setidaknya ada empat tipe terminal busi dengan tujuan dan fungsi sebagai berikut.

 

 

Video Terpopuler saat Ini

Removable Terminal Nut

Tipe terminal ini sebenarnya memiliki ulir, tapi ditutup oleh solid post. Hanya saja, tutup itu bisa dibongkar-pasang dengan cara memutarnya saja.

Keunikan tipe terminal yang gampang copot ini ialah fleksibilitas dalam menyesuikan tipe kendaraan. Jadi kalau tidak butuh tutupnya, ya tinggal lepas saja.

Contoh pengaplikasiannya umum dipakai oleh Yamaha Scorpio dengan kode D8EA.

Solid Terminal Nut

Model ini hampir sama dengan Removable Terminal Nut. Hanya saja tutupnya tidak bisa dicopot karena menjadi satu kesatuan dengan struktur busi.

Tujuan utama model terminal ini ialah mencegah kebocoran listrik, karena bila tutup terminalnya mudah dilepas, akan berpotensi gampang longgar.

Contoh kendaraan yang memakai busi dengan Solid Terminal Nut antara lain Vespa Sprint dengan kode CR8EB dan Toyota Agya berkode LKR6C.

 

Hollow Terminal Nut

Berbeda dari yang lain, tipe terminal ini berbentuk lebih sederhana. Bahkan secara ukuran, terminal solid-nya lebih pendek ketimbang model lain.

Bila diperhatikan lebih seksama, terdapat lekukan di bagian pusat.

Selain rupa terminal yang berbeda, pengaplikasiannya pun hanya untuk kendaraan tertentu, salah satunya mobil Eropa Mercedes-Benz C200 yang memakai kode busi SILZKFR8E7S.

Threaded Terminal Nut

Tipe terakhir ini berbentuk panjang dengan ulir. Ia tidak memiliki solid post dan pemakaiannya langsung ditancapkan ke tutup busi.

Nah pemakaiannya sendiri banyak untuk sepeda motor. Contohnya adalah Honda CB150X dengan kode busi MR9C-9N atau Yamaha NMax yang menggunakan kode CPR8EA-9.

 
Loading