HOME » TIPS » TIPS MEMILIH BAN TIPE BASAH ATAU KERING UNTUK MOTOR

Tips Memilih Ban Tipe Basah atau Kering Untuk Motor

Rabu, 30 April 2014 09:15

Tips Memilih Ban Tipe Basah atau Kering Untuk Motor
Tipe ban basah dan tipe ban kering (source by: cbr250.wordpress)
Editor : Sony

Otosia.com - Kondisi jalan memang sangat berpengaruh pada performa dan kenyamanan Anda saat mengendarai motor. Tak hanya itu, kondisi jalan yang basah setelah terkena hujan atau kering saat musim panas juga memiliki risiko masing-masing.

Karena itulah memutuskan tipe ban yang tepat untuk motor Anda sangat diperlukan. Perlu Anda ketahui bahwa tipe ban ada beragam, yaitu tipe basah, tipe kering dan tipe keduanya. Ketiga tipe ini memiliki kegunaan yang berbeda.

Sesuai namanya, ban tipe basah digunakan khusus untuk jalan yang kerap kali basah. Ban tipe ini biasanya memiliki banyak alur yang menjangkau hingga tepi ban. Alur ini berfungsi untuk membuang air saat ban berputar melewati jalan yang basah dan berair. Namun traksi ban ini akan menurun di jalanan yang kering.

Ban basah untuk jalan yang kerap basah atau tergenang

Sebaliknya, ban tipe kering memiliki sedikit atau bahkan sama sekali tidak memiliki alur. Ban ini memiliki traksi terbaik saat digunakan pada jalanan yang kering. Namun traksi akan berkurang saat jalanan menjadi basah dan risiko terpeleset akan meningkat.

Gunakan ban tipe kering untuk jalan panas dan kering

Sedangkan tipe ketiga bisa digunakan untuk kedua kondisi, baik basah maupun kering. Jenis ban inilah yang paling umum digunakan di Indonesia karena iklimnya yang tropis. Ban ini memiliki alur yang tidak terlalu banyak dan traksi yang bagus.

Untuk membedakan jenis ban ini bisa Anda lihat di bagian spesifikasi pada ban Anda. Seringkali pabrik menuliskan tipe wet, dry atau wet dry. Sesuaikan tipe ban dengan kondisi jalan yang sering Anda lewati untuk memaksimalkan keamanan dan kenyamanan berkendara Anda. (kpl/sno)






Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER