HOME » TIPS » TIPS MENGEMUDI SAAT HUJAN

Tips Mengemudi Saat Hujan

Selasa, 09 Februari 2016 11:45

Klik tombol < > untuk halaman berikutnya
   
Tips Mengemudi Saat Hujan
Editor : Fitradian Dhimas

Otosia.com - Kelalaian dalam mengemudi saat hujan tentunya dapat berakibat fatal, namun hal tersebut dapat dihindari jika sang pengemudi memahami teknik mengemudi yang dibutuhkan dan mobil berada dalam kondisi terawat dengan baik. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan

Periksa kondisi tekanan udara dalam ban secara rutin minimal seminggu sekali dan pastikan alur atau kembangan ban masih cukup tebal. Tekanan ban yang tepat dan alur ban yang masih baik akan menghindari kendaraan melayang di atas air dan tergelincir pada saat melintasi jalanan yang basah.

Kemudian, periksa dan pastikan bahwa sistem pengereman berfungsi dengan baik. Komponen yang satu ini sangat vital dan memiliki peranan penting dalam menghadapi segala kemungkinan saat jarak pandang terbatas akibat hujan deras.

Jangan lupa periksa kondisi kipas wiper yang berfungsi sebagai sarana yang mendukung penglihatan, pastikan bahwa komponen ini juga berfungsi dengan baik.

Jika karet wiper rapuh atau rusak, sebaiknya ganti dengan yang baru sebelum turun hujan. Karena jika kemampuannya untuk membilas air hujan sudah menurun, dapat diapstikan pandangan pengemudi terhalang total saat hujan deras berlangsung.

Saat pendangan menjadi terbatas dan mengurangi kemampuan untuk melihat bahu jalan atau kendaraan lain dengan jarak yang aman, maka saatnya untuk menepi dan menunggu hujan reda. Berhentilah pada tempat yang aman dan tepat.

Bila harus berhenti di bahu jalan, berhentilah secepatnya dan tunggu hingga badai mereda. Hanya saat berhenti di tepi jalan, gunakanlah lampu hazard agar mobil Anda mudah terlihat kendaraan lain.

Saat hujan berlangsung dengan deras, jangan segan untuk menyalakan lampu utama atau lampu kecil untuk meningkatkan kewaspadaan kendaraan di sekitar kita.

Namun jangan menggunakan lampu hazard! Lampu ini hanya akan mengganggu konsentrasi pengemudi lain, terutama saat berbelok. Arah mobil tidak dapat ditebak karena sein tidak berfungsi. Gunakan lampu Hazard hanya dalam kondisi darurat saja.(kpl/fdk)






APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail-paging

BERITA POPULER