HOME » TIPS » TIPS MUDIK MOTOR AMAN DAN NYAMAN DARI HONDA JAWA BARAT

Tips Mudik Motor Aman dan Nyaman dari Honda Jawa Barat

Rabu, 14 Juni 2017 22:00

Tips Mudik Motor Aman dan Nyaman dari Honda Jawa Barat
Foto: DAM
Editor : Fitradian Dhimas | Reporter : Nazarudin Ray

Otosia.com - Mudik ke kampung halaman untuk berlebaran dan bersilaturahmi dengan sanak saudara sudah menjadi tradisi tahunan saat lebaran. Semua moda transportasi dipilih oleh pemudik untuk ke kampung halaman, baik sepeda motor, mobil pribadi, bus, pesawat terbang, kereta api, hingga kapal laut.

Khusus untuk pemudik yang menggunakan sepeda motor, sebaiknya perlu berhati-hati karena lebih berisiko fatal dibandingkan moda angkutan darat lain. Karena itu segala persiapan harus dilakukan dengan baik, termasuk pengecekan kendaraan.

Berikut adalah tips persiapan mudik dengan sepeda motor dari PT Daya Adicipta Motora (DAM) selaku main dealer sepeda motor dan suku cadang sepeda motor Honda di Jawa Barat:


Persiapan mudik
Sebelum mudik, pelajari rute yang akan dilalui dan usahakan pengendara mengetahui jarak yang akan ditempuh, tempat istirahat, pengisian bahan bakar, daerah rawan kecelakaan, dll.

Buat list perlengkapan atau barang-barang yang akan dibawa. Jika ternyata banyak yang akan dibawa, lebih baik barang-barang tersebut dikirim melalui jasa pengiriman sebelum Anda melakukan keberangkatan.

Lakukan servis ringan pada sepeda motor Anda untuk mengetahui kondisi sepeda motor sebelum dipakai mudik dan lalukan perbaikan agar sepeda motor aman dan nyaman saat dikendarai mudik.

Sepeda motor lebih baik dalam kondisi yang standar, tidak disarankan memasang aksesoris tambahan seperti lampu sirine, strobo, klakson bus, knalpot racing, lampu-lampu aksesoris dan lainnya.

Jaga kesehatan dengan olah raga teratur serta makan makanan dan minuman yang sehat.

Selalu diingat bahwa tujuan dari mudik adalah agar bisa berkumpul silaturahmi dengan sanak saudara, bukan untuk unjuk gigi/pamer. Jadi cari aman lebih baik sebelum berjabat tangan.

Pada saat melakukan perjalan mudik
Sebelum berangkat mudik, lakukan pemanasan tubuh, pengecekkan ringan pada sepeda motor dan memakai perlengkapan berkendara lengkap seperti helm SNI, jaket, celana panjang (jika ada celana panjang yang sudah dilengkapi protector), sarung tangan, dan sepatu menutup mata kaki.

Tidak disarankan membawa bagasi lebih besar, sesuaikan dengan kapasitas angkut dari sepeda motor (1 orang penumpang atau 1 tas barang yang beratnya mendekati berat 1 orang penumpang)

Bila akan membawa/menyimpan barang di belakang, usahakan tidak melebihi panjang spakbor belakang dan tidak menutupi lampu rem dan sein. Ketentuan bagasi untuk sepeda motor adalah lebar tidak melebihi stang kemudi dan tinggi tidak melebihi pundak.

Usahakan pergerakan badan pengemudi dan stang kemudi tidak terganggu oleh barang yang dibawa.

Lakukan istirahat sekitar 30 menit setelah melakukan perjalanan 2 jam.

Saat istirahat, lakukan pengecekkan ringan secara visual terhadap kebocoran di bagian mesin dan ban.

Petuhi rambu-rambu lalu lintas setiap perjalanan, jangan terpengaruh dan terbawa oleh pengendara lain yang ber-etika yang kurang baik.

Jaga jarak aman dengan kendaraan lain. Selalu diingat bahwa semakin tinggi kecepatan dibutuhkan jarak yang panjang untuk menghentikan kendaraan.

Semoga tips ini bermanfaat buat perjalan Anda. Selamat mudik.

(kpl/nzr/fdk)







Daftarkan email Anda untuk berlangganan berita terbaru Kami

APA PENDAPAT ANDA ?

2018-5-14
detail

BERITA POPULER